Selasa, 29 Desember 2009

Mencegah E-mail Spam


Di dunia internet , tentunya kita pernah atau bahkan sering mendapat kiriman email spammer dari orang yg tidak kita kenal. Spam email atau junk mail adalah penyalahgunaan dalam pengiriman berita elektronik untuk menampilkan berita iklan dan keperluan lainnya yang mengakibatkan ketidaknyamanan bagi para pengguna web.
Bentuk berita spam yang umum dikenal meliputi: spam pos-el, spam pesan instan, spam Usenet newsgroup, spam mesin pencari informasi web (web search engine spam), spam blog, spam berita pada telepon genggam, spam forum Internet, dan lain lain.
sering kali junk e-mail ini dikirimkan oleh orang-orang tanpa di undang yang umumnya sangat suka memberikan janji-janji muluk tanpa usaha untuk memenuhi janjinya.

Mengapa hal ini semua terjadi? karena Internet telah menjadi media yang sangat murah dan mudah bagi para pemasar / sales untuk mencapai jutaan orang sekaligus. Biasanya seorang sales yang akan menggunakan Internet akan membeli daftar e-mail tersebut dari broker e-mail list Jika anda cukup aktif berdiskusi di newsgroup, mailing list, di Web, di chat room dll maka kemungkinan besar e-mail address anda akan masuk ke broker e-mail list tersebut. Adalah kebohongan kalau ada yang mengatakan anda akan memperoleh keuntungan jika anda mengirimkan sedikit uang ke beberapa orang yang namanya terdapat dalam list yang dikirim ke anda. Surat berantai juga sama bohong-nya. Umumnya orang yang berpartisipasi dalam kegiatan ini akan memperoleh kerugian finansial (walaupun mungkin tidak besar).

Saran yang ingin saya sampaikan disini adalah:

· Jika anda mempunyai situs dan harus mencantumkan alamat e-mail anda di situs tersebut sebaiknya anda mengganti tanda @ dengan [at]. Contoh : admin[at]finderonly.com

· Jika menerima email dari orang yang tidak kita kenal, lebih baik kita tidak perlu merespon atau menjawab email tersebut.

· Jangan pernah mengklik link situs dari email yang dikirimkan oleh seseorang yang tidak kita kenal.

· Jika anda ingin mendaftar di mailing list atau group yang biasanya disediakan oleh yahoo dan google, sebaiknya menggunakan alamat e-mail anda yang tidak begitu penting.

· Jika anda menerima spam e-mail lokal (Berbahasa Indonesia) sebaiknya anda langsung menghubungi tim penanggulangan spam nasional melalui abuse[at]apjii.or.id.

· Pasang email spam filter atau software anti spam di komputer anda seperti software MailWasher (www.mailwasher.net)

· Aktifkan layanan antispam di layanan email yang anda gunakan.

· Jangan memberikan alamat e-mail pribadi anda ke sembarang orang termasuk diantara memasang alamat e-mail anda di Facebook, Friendster atau Myspace.

Dan masih banyak lagi tentunya. Cara paling ampuh yang saya tempuh saat ini, kebetulan saya menggunakan Microsoft Outlook Express untuk membaca mail saya, maka cara termudah yang saya lakukan adalah gunakan fasilitas mail filtering yang ada di Outlook Express, kemudian di buat rule supaya semua mail dengan isi spam, atau dari alamat tertentu yang biasanya mengirim spam di delete langsung di server tanpa perlu di download sama sekali. Dengan cara itu kita tidak perlu membayar koneksi ke Internet hanya untuk menerima spam. Bagi pembaca yang ingin memperoleh informasi lebih lanjut tentang berbagai trik yang perlu diperhatikan oleh pengguna Internet, maka salah satu tempat yang baik yang perlu dikunjungi adalah www.bbb.org.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar