Jumat, 09 Oktober 2009

SISTEM INFORMASI

Bagi seorang mahasiswa yang sedang menekuni bidang studi Komputer dan Informatika, penguasaan yang baik terhadap apa itu sistem informasi menjadi suatu hal yang sangat penting karena pada dasarnya program studi tersebut berlandaskan kepada konsep serta penerapan sistem informasi. Oleh karena itu saya akan sedikit menjelaskan tentang apa itu sistem informasi menurut sumber -sumber buku yang telah saya pelajari.

Banyak versi yang berbeda menurut para ahli ketika mengatakan apa pengertian dari sistem informasi, itu karena setiap manusia memiliki pola fikir dan pemahaman yang berbeda, berikut adalah para ahli yang menjelaskan tentang pengertian system informasi.

· Gelinas, Oram, dan Wiggins (1990), Sistem informasi adalah suatu sistem buatan manusia yang secara umum terdiri atas sekumpulan komponen berbasis komputer dan manual yang dibuat untuk menghimpun, menyimpan, dan mengelola data serta menyediakan informasi keluaran kepada para pemakai.

· Alter (1992), Sistem informasi adalah kombinasi antar prosedur kerja, informasi, orang, dan teknologi informasi yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan dalam sebuah organisasi.

· Wilkinson (1992), Sistem informasi adalah kerangka kerja yang mengkoordinasikan sumberdaya (manusia, komputer) untuk mengubah masukan (input) menjadi keluaran (informasi), guna mencapai sasaran-sasaran perusahaan.

· Bodnar dan Hopwood (1993), Sistem informasi adalah kumpulan perangkat keras dan perangkat lunak yang dirancang untuk mentransformasikan data ke dalam bentuk informasi yang berguna.

· Turban, McLean, dan Wetherbe (1999), Sebuah sistem informasi mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisis, dan menyebarkan informasi untuk tujuan yang spesifik.

· Hall (2001), Sistem informasi adalah sebuah rangkaian prosedur formal di mana data dikelompokkan, diproses menjadi informasi, dan didistribusikan kepada pemakai.

sistem informasi memiliki komponen berupa subsistem yang merupakan elemen elemen yang lebih kecil yang membentuk sistem informasi tersebut. Komponen system informasi yaitu.

1. komponen input

Input merupakan data yang masuk ke dalam sistem informasi

2. komponen model

kombinasi prosedur, logika, dan model matematik yang memproses data yang tersimpan di basisdata dengan cara yang sudah ditentukan untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan

3. komponen output

output informasi yang berkualitas dan dokumentasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen serta semua pemakai sistem.

4. komponen teknologi

teknologi merupakan alat dalam sistem informasi, teknologi digunakan untuk menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, menghasilkan dan mengirimkan output, dan membantu pengendalian sistem.

5. komponen basis data

merupakan kumpulan data yang saling berhubungan yang tersimpan didalam komputer dengan menggunakan software database.

6. komponen kontrol

Pengendalian yang dirancang untuk menanggulangi gangguan terhadap sistem informasi.

Ruang lingkup sistem informasi yaitu ruang lingkup yang ditentukan dari awal pembuatan yang merupakan garis batas lingkup kerja sistem tersebut, sehingga sistem informasi tersebut tidak bersinggungan dengan sistem informasi lainnya.

Tujuan sistem informasi adalah hal pokok yang harus ditentukan dan dicapai dengan menggunakan sistem informasi tersebut, sebuah sistem informasi berhasil apabila dapat mencapai tujuan tersebut.

Lingkungan sistem informasi yaitu sesuatu yang berada diluar ruang lingkup sistem informasi yang dapat mempengaruhi sistem informasi, hal ini turut dipertimbangkan pada saat perencanaan sistem informasi.

Di bawah ini merupakan produk-produk Sistem Informasi:

Transaction Processing System (TPS) ialah sistem informasi yang menangkap dan memproses data tentang transaksi-transaksi bisnis.

Management Information System (MIS) atau yang sering disebut Sistem Informasi Manajemen ialah sistem informasi yang menyediakan laporan beorientasi manajemen yang berdasar pada proses transaksi dan operasi pada suatu organisasi.

Decision Support System (DSS) merupakan sebuah sistem informasi yang salah satunya membantu mengidentifikasi peluang pengambilan keputusan atau menyediakan informasi untuk membantu dalam pengambilan keputusan.

Terdapat pebedaan yang signifikan antara MIS dan DSS, yaitu:

  • MIS menyediakan informasi untuk memecahkan masalah bagi sekelompok manajer secara umum, sementara DSS menyediakan infomasi khusus untuk satu orang manajer.
  • MIS mendukung sekelompok manajer yang mewakili satu unit organisasi, sedangkan DSS ditujukan untuk satu masalah tertentu pada manajer tetentu pula.

Expert System atau yang sering kita sebut Sistem Pakar merupakan sebuah sistem infomasi yang menangkap keahlian pekerja (ahli) kemudian menirukan keahlian tersebut untuk kemanfaatan yang bukan ahlinya. Dengan kata lain, sistem ini memiliki kemampuan untuk mengolah secara spesifik melalui penalaran secara logis (seperti yang dilakukan manusia).

Communications and Collaboration System ialah sistem informasi yang memungkinkan lebih efektifnya komunikasi antara pekerja, partner, pelanggan, dan pemasok untuk meningkatkan kemampuan meeka dalam bekerja-sama.

Office Automation System ialah sistem informasi yang mendukung aktivitas bisnis perkantoran yang luas dan menyediakannya dalam meningkatkan / mengoptimalkan arus kerja diantara pegawai, bisa berupa word processing, teleconferencing, videoconverencing, voice mail, dan email.

Accounting Information System (AIS) ialah sistm infomasi yang memproses aplikasi pengolahan data pemasaran pada saat tindakan berlangsung dan terjadi transaksi yang direkam dalam database untuk menghasilkan laporan keuangan yang berkualitas. Beberapa laporan yang dihasilkan dapat berupa laporan rugi-laba, biaya operasional, laporan klem perusahaan, dan laopran-laporan keuangan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar